Dauroh Azzikra - Ruqyah Learning Center Indonesia

Go to content

Main menu:

Dauroh Azzikra

Materi > Fitrah
Dauroh Ruqyah Syar'iyyah Nasional 1
Az-Zikra, Sentul- Bogor 11-14 Januari 2017



        Alhamdulillah , syukur kami kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah kepada kita semua. Akhirnya acara bertajuk DAUROH RUQYAH SYAR'IYYAH NUSANTARA 1 bersama Syaikh Abul Barra' Usamah bin Yasin Al Ma'aniy selesai digelar. Banyak pelajaran dan ilmu yang kita dapatkan, yang mana insyaAllah ilmu ini akan bermanfaat bagi peruqyah dan masyarakat umum yang membutuhkan. Perjuangan panjang untuk memperoleh sanad keilmuan dari kitab beliau yang ke 9 mengenai dampak 'Ain dan Hasad serta cara penangananya sesuai kaidah AlQuran dan Assunnah telah kita tempuh bersama. Penjelasan yang sangat apik, tegas dan lugas kita dapatkan dari Syaikh Abul Barra'.
        Bila kita menilik kepada wajah komunitas ruqyah syar'iyyah di Indonesia. ternyata telah lama berkembang. diakhir tahun 80an sudah mulai ada terapis yang berkecimpung di dunia ruqyah syar'iyyah namun masih sedikit jumlahnya tidak seperti sekarang. ARSYI adalah tonggak penopang seluruh komunitas dakwah ruqyah di Indonesia. Melalui kerjasama yang baik antara RLC,ARSYI dan AZ-ZIKRA yang diwakilkan oleh YAYASAN BERKAH NEGERIKU, secara lantang bisa mengatakan bahwa gelaran acara kemarin dinyatakan SUKSES.
        Semakin banyaknya peruqyah, maka semakin kita mesti waspada terhadap adanya kesalahan prosedural yang melanggar kaidah-kaidah syar'i. Hal ini tidak mengherankan, karena banyak kini peruqyah yang ternyata belum mampu memahami secara baik kitab-kitab ulama yang menjelaskan kaidah ruqyah syar'iyyah. Selain disebabkan karena minimnya pembahasan dan pelatihan langsung menggunakan kitab ulama, juga masih ada diantara kita yang kadang merasa TELAH MUMPUNI dalam melakukan terapi. banyak metode yang berbeda berkembang di lapangan. Yang akhirnya RLC bersama ARSYI dan AZ-ZIKRA berusaha merangkul semua komunitas agar bisa memiliki satu pandangan terhadap ruqyah syar'iyyah, yang menurut Syaikh Abul Barra termasuk dalam wilayah Tauqifiyyah (telah di tentukan kaidahnya).
         Ada metode 'Ilaj (Penyembuhan), dan ruqyah syar'iyyah adalah salahsatu dalam metode 'ilaj. Fokus Dauroh yang pertama adalah mengenai 'Ain dan Hasad. Sebagaimana kita ketahui bersama dalam hadits Rasulullah SAW. Bahwa penyakit 'Ain dan Hasad adalah sumber terbesar kematian (bagian dari takdir). Ramai masyarakat umum kurang mengerti bagaimana cara kerja 'Ain dan Hasad sehingga mampu menyerang tubuh manusia. Sementara dalam membahas sesuatu yang diluar nalar, kita haruslah perpegang pada AlQuran dan Sunnah melalui penjelasan kitab-kitab ulama. Syaikh Abul Barra' adalah salah satu murid dair Syaikh Jibrin Rahimahullah, beliau adalah seorang yang lebih dari 30 tahun berkecimpung dibidang pengobatan ruqyah syar'iyyah. Minimal ada 12 buku yang telah beliau pentaskan. Dan dikenal dengan Mausu'ah 12 Kitab Ruqyah Syar'iyyah.
        Kami berharap, semoga dilain kesempatan kita bisa bersama berkumpul kembali. Talaqqi kepada Syaikh Abul Barra' melalui tema-tema terkait ruqyah lainnya.
Ruqyah Learning Center
Jl. Gunung Ijen Gang 2 No.2 Tompokersan
Lumajang - Jawa Timur, INDONESIA
Back to content | Back to main menu