Kaidah - Ruqyah Learning Center Indonesia

Go to content

Main menu:

Kaidah

Materi > Fitrah
Definisi Ruqyah
1. Bahasa
AR-RUQYAH (الرُّقْيَةُ) bentuk jamakanya AR-RUQO (الرُّقَي) (at-ta’widz) menurut Ibnu Taimiyah artinya Perlindungan. Istirqo berarti meminta ruqyah. Ruqyah merupakan sah satu jenis Doa. (Majmu’ Al Fatawa: 10/195). Ruqyah juga berarti jampi, mantera, suwuk, rapal.
2. Istilah
Ibnu Al Atsir: Ruqyah adalah (doa-doa/bacaan) untuk perlindungan yang ditujukan kepada orang yang sedang sakit seperti demam dan gangguan jin, serta penyakit-penyakit lainnya. ( An-Nihayah Fi Gharib Al Hadits 2/254)
Jenis Ruqyah
1. Ruqyah syirkiyyah/jahiliyyah الرُّقْيَةُ الشِّرْكِيَّة :  Ruqyah/mantera yang keseluruhan atau sebagiannya mengandung kesyirikan/kejahiliyahan atau tidak sesuai dengan syari’at Islam.
2. Ruqyah syar’iyyah الرُّقْيَةُ الشَّرْعِيَّةُ:  Ruqyah/mantera yang diperbolehkan dan sesuai dengan kaidah syari’at Islam.
عَنْ عَوْفٍ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قـال: كُنَّا نَرْقِي فِى الْجَـاهِلِيَّةِ، فَقُلْنـَا يـَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ تَرَى بِذلِكَ؟  فَقَالَ: أَعْرِضُوْا عَلَيَّ رُقَاكُمْ لاَ بَـأْسَ بِالرُّقَى مَالَمْ يَكُنْ شِرْكـاً .رواه مسلم
Dari sahabat ‘Auf bin Malik ra dia berkata :  Kami dahulu meruqyah di masa Jahiliyyah, maka kami bertanya :  “Ya Rasulullah, bagaimana menurut pendapatmu ?” Beliau menjawab :  “Tunjukkan padaku Ruqyah (mantera) kalian itu. Tidak mengapa mantera itu selama tidak mengandung kesyirikan”  
3. Ruqyah Da’wiyyah  الرُّقْيَةُ الدَّعْوِيَّة:  Ruqyah/mantera Syar’iyyah yang pelaksanaannya lebih mengutamakan aspek2 dan kaidah2 serta target2 da’wah disamping berfungsi sebagai terapi itu sendiri.
Diantara definisi Ruqyah (Syar’iyyah) dari segi keilmuan :
هى علم من أجل العلوم وهي يدخل فيها كل ماهو من القرآن الكريم ومن السنة النبوية المطهرة, وهو ان الراقى يستخدم آيات الله ويؤمن ويوقن به ايقان شديد فى تاثيرها فى المريض
Ruqyah merupakan suatu ilmu dari bagian ilmu-ilmu yang di dalamnya mengandung segala hal yang berasal dari Al-Quran yang Mulia dan Sunnah Nabawiyah yang Suci.
        Dan bahwa orang yang meruqyah (الراقى) menggunakan ayat-ayat Allah Subkhanahu wa ta’aala (dan do’a-do’a Nabi) dengan penuh keimanan dan keyakinan yang sangat kuat (bahwa dengan izin Allah ayat dan do’a itu) memberi dampak kebaikan kepada orang yang sakit (penderita).
والرقية تعالج كل الامراض الروحية من سحر ومس وحسد وسواس نفسي وغيرهاوتعالج العديد من الامراض العضوية وتزيل الامراض الخبيثة مثل السرطانات وفيروس الكبدى وغيرها.
Ruqyah meng-ilaj penyakit-penyakit ruhiyyah (sihir, kesurupan, hasad, was-was dan sebagainya) selain itu pula meng-ilaj beberapa penyakit ‘udhwiyyah (fisik) serta menghilangkan penyakit buruk lainnya seperti kanker, virus lever (hepatitis) dan sebagainya.


Ruqyah Learning Center
Jl. Gunung Ijen Gang 2 No.2 Tompokersan
Lumajang - Jawa Timur, INDONESIA
Back to content | Back to main menu