FRAMING DALAM DIAGNOSA ITU BAHAYA
October 7, 2020
kelas Parenting Qur’ani bersama Rumah Tahfidz Balita Yayasan Markaz Insan Qur’ani, Palembang
October 7, 2020

True Stories Dalam Kelas Inspiratif QERM Online

By M.Nadhif Khalyani
Kelas Online QERM telah diselenggarakan 3 kali dan 1 kali kemitraan dengan salah satu pondok tahfidz balita di Palembang. Ada hal yang membuat saya bersyukur. Yakni, kelas pengaruh yang nampak dalam diri orang tua dan anak pasca kelas usai.
Dari evaluasi yang kita lakukan, terjadi perubahan dalam cara pandang, perubahan cara bersikap dan itu semua berpengaruh kepada anak anak.
Apa yang terjadi pada diri anak sangat dipengaruh oleh apa yang tersimpan dalam diri orang tua.
Apa yang terjadi pada diri anak sangat dipengaruh oleh apa yang ia rasakan.
Sikap, sifat dan perilaku anak yang “menyulitkan” adalah akumulasi dari kejadian kejadian di masa lalu. Jika hal ini dapat “diperbaiki” maka biidznillah, perubahan menuju kebaikan mulai nampak.
Berikut diantara True Story dari orang tua, alumni kelas Online QERM :
———-
Assalamualaikum ustadz Nadhif dan ustadz Daus.
Alhamdulillah anak2 saya (usia 7 dan 8 tahun) sekarang jauh lebih baik drpd sebelumnya. Dari segi kesehatan Alhamdulillah sudah tidak gampang sakit. Dari segi akhlak alhamdulillah juga banyak perubahan. Dari susah diajak sholat alhamdulillah sekarang rajin sholat.
Yang cowok rajin ke mesjid. Yang paling membahagiakan adalah mereka mau disekolahkan di pondok. Dimana sebelumnya sama sekali tidak mau sama sekali. Sekarang anak saya sudah keluar dr sekolah formal. Alhamdulillah. Trims QERM yang telah membagi ilmunya. Trims juga buat Ustadz Agus yang mengajak ikut kajian QERM.
Demikian ustadz. Wassalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh
——-
Alhamdulillah, terimakasih ustadz Nadif untuk materi yang telah d berikan, setelah saya mengikuti seminar ini hati saya merasa lebih lega lebih ikhlas,dlm mendidik anak yg dulu ny kalo ngomong dgn anak suka ngengas sampai keluar urat kalo skrng lebih rileks.
Alhamdulillah ny skrng sang anak pun Sdh bisa mengerti ke ada’an mama ny yg sedang belajar tentang menahan marah,dia selalu bilang istighfar ma jgn marah
Semoga anak” benar benar ikhlas memaafkan saya 😭😭
Dan saya benar benar ikhlas memaafkan orang tua saya 😭😭
Agar kami benar benar mendapatkan Ridho dari Allah SWT
——-
Alhamdulillah ada rasa damai ustadz saat pagi tadi setelah mendengar audio terkait org tua,, suami langsung ketik wa ke bapak dan meminta maaf,langsung aja amalkan jangan banyak mikir gitu katanya,, saya pun mulai ikutan,, tanpa kami sadari air mata kami 😭😭😭😭deras menetes menyusn kata u meminta maaf,, semoga ini tulus dari hati kami untuk meminta maaf,, di grup keluarga kami sampaikan permohonan maaf kami,, dan masyaAllah satu o
Persatu anak bapak muncul meminta maaf juga,, benar ustadz posisi ortu adalah tinggi cara kami minta maaf yg sekedarnya langsung di sambut dengan doa,,
Tadi lanjut semua anak di peluk dan minta maaf,, kami sudah niatkan memutus rantai dendam anak dan ortu,, kami tobat ya Rabb😭😭😭 semoga hanya kenangan indah yg akan anak anak tuai bersama keluarganya,, ketaatan pada Rabb yg penuh kesyukuran bukan paksaan dan takut.
Dan ketika melihat anak anak ada rasa yg lain,, adem,, tidak ada yg ngeselin,,meminta mereka murojaah atau ngaji jadi lebih santai dan dengan baik baik,, meminta mereka shalat bisa hanya dengan berbisik dan memeluknya,, dan ajaib mereka langsung meng iyakan apa yg kami minta,, 😭😭😭😭 rasanya terharu sekali ustadz,, memang kita tidak boleh memaksa,, mungkin selama ini kita banyak berlatih memaksa bukan meminta dengan hati dan baik baik🥺🥺🥺
—–
Bismillah kemarin ana nanganin kasus trauma seorang anak muda umur 25 th sejak dari umur 3 th mulai dari di kunci di rumah setiap hari oleh pembantu nya karna ibu bpk dua dua nya kerja , lanjut SD di buly habis oleh temennya yg mau nyontek karna gak di kasih, pas kuliah pembuliyan terjadi lagi oleh temennya di depan umum kepalanya yg botak di buat gurauan dan puncaknya bulan januari kemarin dia di bilang gendut sama hitam sama temen kerjanya semenjak itu bpknya bilang anaknya sering bengong,ngomong kadang gak nyambung marah marah gak jelas .
dan qodarollah malam senin kemrin ana diundang ..alhamdulillah konseling dua jam ketemu akar permasalahan .yaitu pembuliyan yg berulang ulang alhamdulillah setelah kita ajak bercermin dengan apa yg Allah kisahkan tentang yg terjadi pada para nabi terutama nabi adam seprti diajarkan di kelas QERM akhir nya dia ikhlas untuk memaafkan oranv tuanya dan orang yg pernah membulinya, yg tadi nya mau di rawat di kontrakan deket rumah untuk terapi ruqyah untuk kejwaan minta pulang .Alhamdulillah sekarang sudah ceria .
alhamdulillah di kasih hadiah Kambing ..🤭
—————
Rasanya belum cukup rasa utk bersyukur membaca dan melihat apa yang mereka temukan bersama keluarga.
Semoga Alloh jadikan kita semua istiqomah untuk berbenah diri.
Sampai ketemu di Kelas Inspiratif QERM Batch 4, in syaa Alloh 12-16 Agustus 2020